4 Cara Mengatasi Bayi Sungsang Yang Aman

Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Sungsang? Ada banyak sekali masalah yang terjadi ketika kehamilan atau masa akan melahirkan. Salah satunya bayi sungsang atau mempunyai letak tidak sesuai tempatnya. Ini memang sering terjadi pada banyak ibu hamil.

Biasanya ibu hamil yang mengalami bayi sungsang tidak bisa melahirkan secara normal harus melahirkan dengan Caesar. Bayi sungsang terjadi pada saat kaki bayi masih berada dibawah dan kepala bayi berada di atas. Padahal ketika memasukkan umur 8 bulan kehamilan, kaki bayi harus berada diatas dan kepala bayi berada di bawah.

Berikut ini kita akan berbagi beberapa tips Cara Mengatasi Bayi Sungsang, supaya bisa melahirkan secara normal.

Empat Kegiatan Untuk Mengatasi Bayi Sungsang

1. Berenang Ibu Hamil

Cara pertama untuk mengatasi bayi sungsang adalah berenang. Banyak sekali dokter kandungan yang menyarankan hal ini. Terutama buat ibu hamil yang sudah memasuki masa melahirkan.

Dengan berenang dapat membantu merilekskan pikiran dan juga otot-otot pada tubuh. Terutama bisa membantu mengendurkan otot bagian perut. Ini akan membantu bayi yang sungsang kembali ke bentuk yang normal.

Selain itu dengan melakukan renang juga bisa membantu membuat kebugaran tubuh tetap terjaga. Jadi sering-sering lakukan renang, tak perlu melakukan renang yang terlalu berat. Cukup berenang kecil-kecil saja di kolam renang.

2. Posisi Bersujud Atau Menungging

Menungging atau melakukan posisi sujud sangat membantu membuat bayi sungsang kembali normal. Ketika masuk masa akan melahirkan cara ini juga sangat disarankan untuk mempermudah proses melahirkan.

Anda bisa melakukan posisi ini pada minggu ke 30 sampai minggu ke 37. Lakukan secara rutin setiap harinya. Minimal 5 sampai 15 menit setiap harinya. Jika anda sering melakukan hal ini, tak hanya membuat posisi bayi kembali normal. Tetapi juga bisa membantu proses melahirkan lebih mudah karena posisi bayi sudah berada di tempatnya.

3. Breech Tilt Ibu Hamil

Cara untuk mengatasi bayi sungsang selanjutnya adalah dengan melakukan posisi breech tilt. Apa itu posisi breech tilt? Cara ini sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan kapan saja.

Caranya ambil 3 sampai 4 batal lalu letakkan bantal tersebut di bawah bokong anda. Selanjutnya letakkan leher dan kepala sampai menyentuh lantai. Untuk posisi ini, anda bisa melakukannya 3 kali dalam sehari kurang lebih selama 15 menit.

Dengan sering melakukan ini dapat membantu posisi bayi sungsang anda menjadi normal kembali. Untuk ukuran bantalnya tak perlu terlalu besar yang kecil-kecil saja.

4. Posisi Forward Leaning Inversion

Untuk mengatasi bayi sungsang memang lebih banyak dengan melakukan posisi tindakan atau gerakan. Tidak menggunakan bahan-bahan tertentu. Posisi yang dapat digunakan untuk mengatasi bayi sungsang selanjutnya adalah posisi forward leaning inversion.

Pasti anda sangat penasaran dengan posisi tersebut. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan, anda cukup membutuhkan sofa saja untuk melakukan hal ini. Anda bisa melakukannya sendiri atau meminta bantuan orang lain. Anda cobalah tiduran dibawah sofa. Kemudian letakan kaki diatas sofa dan tangan dibawah sofa. Lakukan cara ini secara rutin. Anda bisa melakukan 3 sampai 5 kali dalam sehari. Ini akana sangat membantu mengatasi bayi sungsang kembali ke bentuk normal lagi.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi bayi sungsang. Selain cara tersebut anda juga bisa mencoba untuk mendengarkan music di bagian perut. Pilihlah music klasik, selain bisa merangsang otak bayi menjadi lebih pintar. Ternyata juga bisa membantu mengatasi bayi sungsang. Bayi yang berumur 8 bulan keatas bisa mendengarkan suara dari luar perut ibunya, walaupun dalam frekuensi yang kecil.

Demikian informasi mengenai Cara Mengatasi Bayi Sungsang. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan komentar