6 Macam Olahraga Lari Atletik

Lari menjadi satu diantara olahraga yang disukai dan dapat dilaksanakan oleh siapa saja. olah fisik ini juga banyak memiliki faedah untuk badan, beberapa salah satunya bisa tingkatkan metabolisme badan dan menolong proses pengurangan berat tubuh. Sebetulnya, di dunia olahraga, ada beberapa macam lari yang dapat kamu dalami. Tidak cuma macamnya yang berbagai macam, tetapi juga tehnik dan ketentuan yang harus dipahami tiap olahragawan atau aktor olahraga itu.

1. Lari Sprint

Jenis lari dalam olahraga atletik ialah lari sprint. Lari sprint disebutkan lari jarak 100 mtr.. Tipe lari sprint ini sebetulnya hampir serupa tipe lari jarak pendek. Tetapi, perbedaannya capaian lari jarak pendek ialah 50 mtr. sampai 400 mtr..

2. Lari Jarak Pendek

Seterusnya, Jenis lari dalam olahraga atletik ialah lari jarah pendek. Lari jarak pendek sebagai lari dalam jarak pendek sama waktu singkat. Pemahaman lari jarak pendek atau sprint ialah tipe olahraga yang sudah dilakukan dengan memercayakan kemampuan dan kecepatan penuh sejauh garis pelintasan dari start sampai finish.

Juara perlombaan lari jarak pendek ditetapkan berdasar catatan saat yang paling singkat. Walau jarak yang dilakukan termasuk pendek, tehnik lari harus tetap jadi perhatian. Selainnya kecepatan, langkah atau tehnik dalam lari jadi satu antara pemikiran. Beberapa macam lari jarak pendek diperbedakan sama sesuai jarak menempuh, seperti 100 mtr., 200 mtr. sampai 400 mtr..

3. Lari Jarak Menengah

Selanjutnya, Jenis lari dalam olahraga atletik ialah lari jarak menengah. Lari jarak menengah sebagai lari dalam jarak sejauh 800 sampai 1500 mtr.. Saat sebelum lari, beberapa peserta harus tempelkan telapak tangan di tanah. Penglihatan mata lempeng di depan. Mengayunkan lengan dengan sekedarnya. Selanjutnya peserta lari menjurukan tubuh di depan saat sebelum ada semprit diawalinya perlombaan. Satu antara point utama pada lari jarak menengah adalah lari apa yang ada. Beberapa peserta tak perlu memaksa diri untuk menambahkan kecepatan bila dirasakan badan tidak kuat lari.

4. Lari Jarak Jauh

Jenis lari dalam olahraga atletik yang lain ialah lari jarak jauh atau maraton. Beberapa peserta lari ini diwajibkan tempuh pelintasan yang mempunyai jarak 3.000 mtr., 5.000 mtr. dan 10.000 mtr.. Olahraga yang biasa dikatakan sebagai lari maraton ini dilaksanakan memakai tehnik yang lain dengan lari jarak pendek. Bila pada lari jarak pendek, pelari dianjurkan untuk lari sekencang-kencangnya, pada lari maraton ini mewajibkan pelari untuk dapat atur tempo larinya supaya pelari tidak kekurangan tenaga di tengah perlombaan. Saat sebelum lakukan lomba maraton ini seharusnya beberapa pelari latih pernafasan karena ini benar-benar bermanfaat dalam lari jarak jauh.

5. Lari Estafet

Jenis lari dalam olahraga atletik yang lain ialah lari estafet. Lari estafet dilaksanakan oleh satu barisan yang terbagi dalam beberapa pelari. Dengan demikian, perlombaan ini dilaksanakan dengan lari ikat yang memakai tongkat kecil sebagai mediumnya. Jarak menempuh dari lari estafet ini ialah 400 mtr. dan 1.600 mtr.. Saat lakukan lari estafet ini benar-benar memerlukan kolaborasi team hingga hasil yang didapat sesuai harapan. Adapun hal yang penting jadi perhatian saat lakukan lari estafet ialah:

  • Saat pemberian tongkat, yakinkan tidak ada kekeliruan yang sudah dilakukan pelari seperti jatuhkan tongkat atau memberinya tongkat saat sebelum jarak menempuh yang diputuskan. Jika dilaksanakan, karena itu team dapat didiskualifikasi.
  • ¬†Yakinkan tehnik pengoperan tongkat dilaksanakan secara benar supaya tidak menghalangi yang menerima.

Bicara berkenaan tehnik pengoperan tongkat, ada dua tehnik yang dapat diputuskan oleh pelari estafet. Salah satunya:

  • Tehnik non visual: tongkat dioper tanpa perlu menyaksikan pada pelari yang memberinya. Tehnik pengoperan tongkat ini biasa dilaksanakan dalam lari estafet memiliki jarak 4 x 100 mtr..
  • Tehnik visual: yang menerima tongkat akan melihat ke belakang dan menyaksikan tongkat dioper oleh pelari awalnya. Tehnik ini biasa diaplikasikan dalam lari estafet jarak 4 x 400 mtr..Yakinkan saat proses pemberian tongkat, pelari harus memakai kecepatan tinggi supaya yang menerima dapat selekasnya lari. Yakinkan tongkat diberi menurut ketentuan yang berjalan supaya tidak ada diskualifikasi.

6. Lari Hambat Rintang (Lari Gawang)

Satu antara jenis lari yang lain, yakni lari hambat rintang. Dalam lomba lari tipe ini jarak yang perlu dilakukan sepanjang 3.000 mtr.. Saat lari, beberapa peserta akan memperoleh banyak halangan dan rintangan yang telah dipersiapkan. Adapun halangan itu adalah water jump dan halangan gawang. Tiap pelari atau peserta pada olahraga lari tipe ini harus memiliki kecepatan dan kegesitan dalam melalui halangan yang disiapkan. Disamping itu, pelari harus memiliki ketahanan atau stamina yang bagus.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *