Terciptanya Liga Futsal Internasional Dan Indonesia

Riwayat futsal dunia berawal dari pelatih olahraga namanya Juan Carlos Ceriani yang dari Montevideo, Uruguay. Futsal pertama kalinya dikenalkan pada 1930. Lahirnya futsal berawal dari anak-anak didiknya yang tidak dapat bermain bola karena hujan lebat dan lapangan yang basah.

Ceriani yang disebut seorang pelatih olahraga menggagalkan latihan karena lapangan yang akan dipakai turut tergenangi. Dia juga cari langkah supaya anak didiknya masih tetap dapat olah fisik dan bermain walaupun ada dalam ruang. Tetapi, karena luas lapangan tidak sebesar lapangan sepak bola, dia memilih untuk membuat team 5 musuh 5 secara berganti-gantian. Mulai sejak itu dia berpikiran untuk membuat olahraga sendiri dengan ketentuan 5 musuh 5 dalam ruang.

Riwayat Futsal dan Kompetisi Internasional

Juan Carlos Ceriani lalu membuat ketentuan berkenaan olahraga itu, dan menjadikan buku. Ketentuan futsal sebagai kombinasi dari beberapa macam olahraga seperti sepak bola, basket dan polo air. Nama futsal sendiri datang dari bahasa Spanyol yaitu Futbol (sepakbola) dan sala (dalam ruang).

Sekian tahun selanjutnya permainan ini menyebar cepat ke beragam daerah. Karena perubahannya yang cepat, riwayat futsal berkembang jadi salah olahraga yang ditandingkan di gelaran internasional di tahun 1965. Persaingan itu namanya Piala Amerika Selatan, dan Paraguay jadi juara pertama. Selanjutnya pada 6 kompetisi selanjutnya Brasil sapu bersih semua piala sampai tahun 1979.

Terciptanya Liga Futsal

Di tahun 1974, di Brasil diselenggarakan sebuah tatap muka yang mengulas berkenaan futsal. Tatap muka itu didatangi oleh perwakilan futsal di beberapa negara. Dari tatap muka itu, lahirlah FIFUSA (Federecao Internationale de Futebol de Salao) sebagai organisasi sah untuk futsal. Joao Havelange seterusnya diputuskan oleh FIFUSA sebagai ketua umum.

FIFUSA pertama kalinya melangsungkan kejuaraan dunia futsal di tahun 1982 di Sao Paulo, Brasil. Pada edisi pertama Brasil keluar sebagai juara. Sekian tahun sesudahnya, FIFA berminat untuk memayungi olahraga futsal. Argumennya karena futsal mempunyai peran pada industri sepak bola internasional. Di tahun 1989 FIFA dengan cara resmi masukkan futsal jadi sisi sepak bola. FIFA menggantikan penyelenggaraan kejuaraan dunia futsal sampai sekarang ini.

Liga Futsal Indonesia

Tubuh sah Futsal di indonesia ialah FFI ( Liga Futsal Indonesia ) yang ada di bawah lindungan PSSI, organisasi berikut yang mengurus olahraga Futsal di Indonesia. Saat sebelum FFI Nama organisasi Futsal Indonesia ialah AFI (Federasi Futsal Indonesia), yang dibuat karena pembubaran dari BFN.

FFI konsentrasi dalam mengurus penggelaran persaingan khusus Futsal tingkat nasional di Indonesia. Nama dari persaingan ini ialah Liga Futsal Professional Indonesia yang dipimpin oleh Hary Tanoesoedibjo, FFI barusan melangsungkan Konferensi Tahunan Futsal di tanggal 30 November 2017 kemarin. Konferensi ini berjalan dengan dituruti oleh 34 Federasi Futsal Propinsi dan 12 club Futsal putra liga Futsal professional dan delapan club putri liga Futsal professional.

Hingga saat ini, telah berjalan sekitar 11 persaingan yang sudah diadakan semenjak musim 2006 – 2007. Pada penggelaran persaingan musim 2017, yang keluar sebagai pemenangnya ialah Vamos Mataram dengan score 8 – 3, waktu itu menantang Permata Cantik Manokwari.

Sedang untuk persaingan sekarang ini, Liga Futsal Professional Indonesia mulai berjalan tanggal 20 Januari 2018 sampai 6 Mei 2018. Di tahun 2002, untuk pertamanya kali indonesia bermain pada kejuaraan AFC, walau waktu itu Indonesia gagal lolos dalam sesi kualifikasi. Tetapi pada kejuaraan AFF dari tahun 2003, Indonesia selalu bertahan pada urutan ke-3 besar. Bahkan juga Indonesia sanggup keluar sebagai juara di tahun 2010, peristiwa ini pasti jadi sebuah prestasi membesarkan hati dalam riwayat Futsal di Indonesia. Disamping itu, timnas Futsal wanita Indonesia pun tidak kalah dalam soal prestasi. Beberapa olahragawan Futsal Indonesia ini sudah sukses memenangkan Piala Antar-klub Futsal AFF 2016 dengan score 5 – 4 atas Thailand Khong Kaen FC.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *