Bank Digital BCA Beroperasi Pertengahan Tahun 2021

Gedung Bank BCA
Gedung Bank BCA

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) mengungkapkan operasional Bank Digital BCA, merupakan hasil transformasi dari PT Bank Royal Indonesia, yang ditargetkan bisa beroperasi pada pertengahan tahun ini melalui anak perusahaan PT Bank BCA Digital. Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan bahwa anak perusahaan ini dikhususkan untuk segmen milenial yang terbilang digital savvy. Layanan BCA saat ini seperti KlikBCA, m-BCA, Flazz dan lain-lain sudah bisa dinikmati.

“Prioritasnya di sini pasarnya milenial yang akan menjadi nasabah digital bank ini. Pertama kita akan kembangkan di sisi funding (himpunan dana) dan payment (pembayaran) sebagai dasarnya. Lalu baru ke melakukan lending (kredit),” ujar Jahja.

Dengan hadirnya bank digital BCA ini, akan lebih terintegrasi dengan cakupan nasabah yang beragam. Selama ini BCA memiliki nasabah eksisting, sehingga dengan adanya bank digital ada segmen tertentu yang bisa difokuskan.

“Kalau kita lihat ini masalah kebutuhan, saya ambil contoh McDonald, anda datang duduk nyaman itu fast food, tapi yang digital, dia bisa pesan melalui ecommerce yang menyediakan menu itu, ada Grab, Shopee Food, GoFood,” ujar Jahja.

Seperti diketahui, bank digital saat ini sedang menjadi tren di mana perusahaan startup unicorn seperti PT Aplikasi Karya Anak Bangsa juga mulai masuk ke bank digital dengan berinvestasi di PT Bank Jago Tbk (ARTO) atau dulu bernama PT Bank Artos Indonesia.

Beberapa nama bank yang sudah lebih dulu masuk ke digital seperti DBS Indonesia melalui Digibak dan PT Bank BTPN Tbk (BTPN) melalui Jenius. Kemudian, CT Corp juga masuk bank digital dengan mengakuisi PT Bank Harda International Tbk (BBHI).

“Digital itu harus instan tidak ada lagi dokumen seperti itu. Sehingga korporasi, komersil, bahkan UMKM terkadang harus membutuhkan penjaminan. Sehingga ini pasar baru, dan BCA pemain baru disini, maka perlu dipelajari lagi,” imbuhnya.

BCA sudah memiliki layanan digital banking melalui BCA Mobile. Nah nantinya, ekosistem yang ada pada layanan ini akan diberikan kepada PT Bank BCA Digital nantinya, dan akan beroperasi pada semester I/2021. Saat ini operasional layanan bank digital dalam proses uji coba di internal.

Tinggalkan komentar