Menonton Youtube Sambil Buka Aplikasi Lain

Menonton youtube sudah seperti kebutuhan untuk zaman sekarang.  Youtube kini telah menjadi platform yang paling sering dikunjungi netizen hampir diseluruh dunia. Besarnya peluang tersebut, bahkan membuat banyak orang beralih profesi menjadi konten kreator Youtube, atau biasa disebut Youtuber.

Masyarakat memfavoritkan youtube untuk streaming video, mencari inspirasi, dan lain-lain. Youtube mempunyai format video seperti Youtube MP3, MKV, MP4, jenis resolusinya dan lain-lain.

Dengan lebih dari satu miliar pengguna per bulan di seluruh dunia hampir sepertiga dari jumlah pengguna internet secara keseluruhan, dimana platform online paling populer saat ini.

Popularitas dari situs video berbagi ini akan terus meningkat seiring dengan jumlah pengguna. Bahkan, lembaga riset pasar Statista memprediksi bahwa jumlah penggunanya akan mencapai angka 1,8 miliar orang pada tahun 2021.

Untuk bisa melihat video youtube dengan aplikasi lain, maka dibutuhkan cara untuk mengaktifkannya. YouTube menyediakan fitur Picture-in-Picture (PiP) untuk memudahkan pengguna dalam menonton sambil melakukan aktivitas lain seperti bekerja atau mencatat materi pelajaran dari video.

Sesuai namanya, Picture-in-Picture akan memutar video di dalam sebuah jendela kecil alias floating window yang bisa diatur ukuran dan letaknya di layar. Pip bisa diaktifkan di YouTube versi web di PC atau laptop maupun di aplikasi YouTube digadget mobile seperti smartphone.

Berikut ini cara untuk mengaktifkan fitur PiP yaitu:

Menonton Youtube: Mengaktifkan PiP di YouTube versi web

Youtube versi web diakases melalui peramban seperti Chrome atau Safari di komputer desktop maupun laptop.

Untuk mengaktifkan PiP, cukup putar salah satu video, kemudian klik kanan di area manapun dalam jendela video.

Abaikan menu drop-down yang muncul, kemudian klik kanan sekali lagi untuk menampilkan menu lain yang berbeda.

Cara mengaktifkan mode PiP pada YouTube di peramban Windows 10.

Di sini ada opsi berbunyi “Picture-in-Picture” yang bisa di-klik untuk mengaktifkannya.

Video yang diputar tadi akan dipindahkan ke dalam sebuah floating window berukuran kecil, sementara tab YouTube di peramban bakal berubah menjadi kosong atau menampilkan pesan berbunyi “This video is playing in Picture-in-Picture mode”.

Ukuran floating window yang memuat tampilan video bisa diubah dengan cara meng-klik dan menggeser sisi pinggir, seperti saat resize jendela aplikasi biasa. Posisinya di tepi layar juga bisa diubah dengan drag and drop.

Ilustrasi jendela YouTube menjadi hitam ketika video diputar dalam mode PiP.

Dilansir dari How to Geek, untuk menutup jendela PiP dan kembali ke tampilan awal YouTube, klik ikon “X” di pojok atas layar atau ikon yang berada di sebelah tombol “Play” di sisi bawah.

Saat video dalam mode PiP sudah diatur, pengguna bisa membuka jendela lain, misalnya seperti Office 360 atau mungkin Zoom, tanpa perlu menyetop video YouTube yang sedang diputar.

Mengaktifkan PiP di YouTube versi mobile

Selain di YouTube versi web, fitur picture-in-picture juga tersedia di YouTube versi mobile di perangkat Android. Laman resmi Google Support, menyebutkan bahwa fitur PiP dapat dijalankan pada perangkat yang memiliki sistem operasi Android versi 8.0 (Oreo) dan yang lebih baru.

Perlu dicatat bahwa mode PiP pada smartphone hanya berlaku pada video YouTube yang diputar melalui peramban mobile. Hanya pengguna YouTube Premium yang bisa mengaktifkan PiP di aplikasi YouTube.

Untuk menonton video dalam mode PiP, pengguna Android  yang berlangganan YouTube Premium perlu mengaktifkan dahulu pengaturannya di aplikasi YouTube melalui menu Settings.

Caranya sebagai berikut:

  • Buka setelan Android > Aplikasi & notifikasi > Lanjutan > Akses aplikasi khusus > Picture-in-picture.
  • Ketuk YouTube.
  • Untuk mengaktifkan, ketuk Izinkan Picture-in-picture.

    Langkah-langkah mengaktifkan fitur PiP pada Chrome di Android 10.

Untuk pengguna yang tidak berlangganan premium, maka PiP masih bisa didapatkan lewat peramban, seperti Chrome. Caranya, buka menu Pengaturan > manajemen aplikasi > daftar aplikasi > Chrome > PiP > aktifkan.

Kemudian, bukalah video yang ingin diputar dalam mode full screen, lalu tekan tombol “home” untuk kembali ke layar utama ponsel. Video tadi akan tetap diputar dalam bentuk jendela yang lebih kecil (PiP) dan bisa digeser-geser posisinya.

Sama seperti di YouTube versi web di desktop, jendela PiP di peramban mobile ini pun akan tetap terbuka ketika pengguna menjalankan aplikasi lain.

Di sisi bawah ada tombol kendali untuk pause dan berpindah ke video lain. Untuk menutup jendela PiP, klik tombol “x” di sisi kanan atas.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *